Contoh Surat Pengalaman Kerja Yang Lengkap

Terdapat banyak contoh surat pengalaman kerja terlengkap dari mulai bekerja di toko, apotik, instansi pemerintah, rumh sakit dan lainnya lengkap akan dibahas spesial di Addwin Info. Kamu pasti pernah mengajukan surat lamaran kerja dan dilampirkan dengan keterangan surat pengalaman kerja dan lampiran-lampiran lainnya.

Dari segi profesionalitas, memiliki pengalaman kerja merupakan salah satu yang bagus. Pengalaman kerja bisa dibuat sebagai informasi tambahan yang membantu kamu dalam mendapatkan pekerjaan baru pada bidang yang sama ataupun bidang terkait. Dengan adanya pengalaman kerja, kita dapat lebih terlihat profesional dalam bidang tersebut dengan kemampuan yang sudah di asah sebelumnya.

Jika kita ingin memperoleh suatu kepercayaan pada posisi tertentu, agar memyakinkan HRD, kita bisa melampirkan surat pengalaman kerja agar lebih menguatkan. Hal ini biasa dibutuhkan untuk suatu instansi atau perusahaan yang membutuhkan pekerja pada jabatan yang lebih tinggi. Tanpa memiliki pengalaman kerja, akan menyulitkan kamu saat melamar suatu posisi yang tinggi dalam pekerjaan.

Dalam beberapa kasus, surat pengalaman kerja tidak hanya dibutuhkan oleh instansi pemerintah ataupun perusahan, secara umum kamu tentu kaan mendapati suatu pekerjaan yang membutuhkan pengalaman kerja. Contoh simplenya seperti saat kamu ingin bekerja di suatu bangkel, toko, apotik, rumah sakit dan sebagainya. Dengan adanya pengalaman kerja, kamu bisa menambahkan surat pengalaman kerja agar dapat dikalkulasikan sebagai seorang yang telah berpengalaman.

Contoh Pembuatan Surat Pengelaman Kerja Lengkap

Untuk mendapatkan atau membuat surat ini, kamu harus memperhatikan beberapa poin penting. Namun sebenarnya, surat pengalaman kerja ini tidak memiliki susunan yang resmi, tapi kamu bisa mengisi hal yang inti dalam membuatnya. Surat pengalaman ini terintegrasi ke dalam curriculum vitae jadi kamu harus benar-benar memperhatikan isi dalam surat.

Tentang Fungsi Surat Pengalaman Kerja

Surat ini dikenal sebagai surat keterangan yang menunjukkan kinerja dan prestasi kerja seseorang semenjak di perusahaan sebelumnya. Dengan demikian, surat ini berperan cukup penting dalam membantu meningkatkan karier kamu selanjutnya.

Selain itu, kadang digunakan untuk menunjukkan prestasi kerja. Surat ini juga digunakan sebagai salah satu syarat pencairan dana tunjangan sosial, seperti BPJS Ketenagakerjaan. Namun jika kamu belum memilikinya, kamu bisa meminta surat keterangan kerja sebagai penggantinya. Jika kamu tidak melengkapi persyaratan tersebut, maka dipastikan dana JHT seorang karyawan tidak akan bisa dicairkan. 

Surat pengalaman kerja juga menjadi persyaratan wajib ketika ingin mendaftarkan diri dalam program beasiswa dari pemerintah hingga institusi swasta. Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa, kamu jangan sampai lupa untuk meminta surat pengalaman selama bekerja ketika memutuskan untuk mengundurkan diri di suatu perusahaan atau instansi tempat kamu bekerja. 

Poin Terpenting Pada Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja sebenarnya tidak memiliki format pasti yang harus diikuti oleh setiap perusahaan. Justru surat kerja tersebut perlu disesuaikan dengan fungsinya. Jadi setiap merusahaan yang mengeluarkan surat pengalaman kerja setiap orang itu berbeda, semisal jika kamu bekerja pada perusahaan A dan B maka surat pengalaman kerja setiap perusahaan itu berbeda karena tidak memiliki bentuk yang pasti. Intinya kamu harus tau apa saja yang wajib ada pada surat pengalaman kamu

1. Kop Surat

Kop surat menjadi salah satu persyaratan penting dalam membuat surat pengalaman kerja yang resmi. Kop surat atau kepala surat terdiri dari nama instansi atau perusahaan, alamat, logo, alamat surel dan juga nomor telepon yang dapat berfungsi sebagai identitas perusahaan atau instansi. Umumnya kop surat ini diletakkan pada bagian atas surat. 

2. Nama dan Nomor Induk Karyawan (NIK)

Pembuat surat juga perlu mencantumkan nama dan Nomor Induk Karyawan (NIK). NIK adalah angka unik sebagai bentuk identitas resmi karyawan yang diciptakan oleh perusahaan.

3. Periode Dan Jabatan Selama Bekerja

Cantumkan juga periode kerja karyawan tersebut. Jangan lupa cantumkan juga jabatan kerja dan hubungan struktural antara penulis surat pengalaman kerja dengan karyawan tersebut. 

4. Kontribusi Dan Keterampilan

Surat pengalaman kerja tentu tidak akan lengkap tanpa menjelaskan keterampilan dan pencapaian apa saja yang dimiliki oleh karyawan tersebut. Pastikan keterampilan yang dicatat dalam surat relevan dengan posisi yang akan ditempati karyawan tersebut nantinya. 

5. Stempel Resmi

Surat pengalaman kerja harus juga dilengkapi dengan stempel resmi perusahan tempat kamu bekerja sebelumnya yang berfungsi sebagai tanda persetujuan atas nama pihak perusahaan atau instansi tersebut. Stempel resmi perusahaan umumnya menggunakan tinta dengan warna dasar, yaitu biru, hitam atau merah.

Baca Info Terkait:

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja

Kamu harus perhatikan aspek-aspek pada pembuatan surat pengelaman semasa bekerja.

  • Sebaiknya menggunakan bahasa yang baku
  • Buat dengan data sebenar-benarnya
  • Berikan informasi yang jelas dan lengkap
  • Ikuti kaidah dan syarat yang berlaku

Contoh Lengkap Surat Pengalaman Kerja

Koleksi gambar contoh surat penglaman kerja lengkap yang bisa kamu lihat sebagai referensi contoh kepemilikan pemgalaman kerja.

1. Surat Pengalaman Kerja Pada Perusahaan

Ketahui seperti apa surat pengalaman kerja di perusahaan yang jelas dan lengkap


2. Surat Keterangan Kerja Pada Honda Astra

Percontohan surat keteranga kerja dan pengalaman saat kerja di bengkel


Dengan mengetahui berbagai contoh surat pengalaman kerja diatas, dimaksudkan kamu paham dan mengerti dengan struktur surat pengalaman bekerja yang perlu kamu miliki. Semoga ini dapat berguna sebagai informasi dan refernsi tentang cara memiliki surat pengalaman kerja. (@win)