Contoh Surat Pengunduran Diri

Sudah tidak asing lagi di telinga kita mendengar tentang surat pengunduran diri, tentu bagi sebagian pekerja atau karyawan cukup tau tentang fungsi surat pengunduran diri. Tujuan dari membuat surat pengunduran diri biasanya di tulis atau dibuat untuk memberitahukan keinginan si pembuat untuk menyampaikan permohonan mengunduran dirinya dari suatu jabatan yang sedang ia emban.

Surat ini biasanya diperlukan sebagai salah satu syarat administratif dalam mengajukan pengunduran diri, sehingga walaupun seseorang telah menyatakan niatnya untuk mengundurkan diri secara lisan, ia tetap harus menulis surat pengunduran diri sebagai arsip bagi instansi tempat ia bekerja. Sebagai balasannya, instansi terkait akan memberitahukan tanggal resmi pengunduran diri, beserta penjelasan mengenai hak dan kewajiban penulis atau pemohon setelah resmi mengundurkan diri.

Surat ini biasanya harus dikirim ke pihak yang berwenang dan harus berisi keinginan tanggal resmi mengundurkan diridari si penulis. Sebuah surat pengunduran diri biasanya juga berisi ucapan terima kasih dari penulis kepada tempat ia bekerja karena telah memberikan kesempatan dan pengalaman yang telah selama bekerja di tempat itu. Penulis juga bisa menawarkan bantuan untuk mencari dan membimbing penggantinya. Surat juga dapat berisi ungkapan kekecewaan dari penulis apabila ada klausul kontrak yang dilanggar oleh pemberi pekerjaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Setelah kita tau sedikit fungsi dan tujuan cara dalam membuat surat penginduran diri, kita juga harus paham bentuk kerangka surat yang benar agar tidak menyalahi ketentuan dan merubah fungsinya.

Kerangka Surat Pengunduran Diri

Yth. Direktur HRD PT...
di
Tempat

Dengan hormat,
Melalui surat ini, selaku karyawan di PT... berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang kekaryawanan Undang-Undang Tenaga Kerja, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama                  :
Departemen      :
Jabatan               :
No. Karayawan :

Mengajukan mengundurkan diri dari PT... dengan alasan... (sebutkan alasan anda yang sesuai dan logis). Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan industrial tanpa motivasi. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak saya sesuai ketentuan berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas kerjasama dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,
Semarang ... 2020
Ttd
(nama jelas)

Bila anda masih merasa bingung dengan kerangka surat pengunduran diri diatas, maka saya lampirkan contoh surat yang sudah jadi yang bisa anda gunakan sebagai contoh pembuatan surat pengunduran resmi anda.

Contoh Pembuatan Surat Pengunduran Diri

Yth. Direktur HRD PT. WIRA USAHA
di
Tempat

Dengan hormat,
Melalui surat ini, selaku karyawan di PT. Wira Usaha berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang kekaryawanan Undang-Undang Tenaga Kerja, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama                  : Addwin
Departemen      : Sentral Tekno
Jabatan               : Karyawan
No. Karayawan : 221167

Mengajukan mengundurkan diri dari PT. Wira Usaha dikarenakan tidak dapat melanjutkan pekerjaan yang disebabkan penyakit yang saya derita. Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan industrial tanpa motivasi. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak saya sesuai ketentuan berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas kerjasama dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,
Semarang, 26 Desember 2020
Ttd
Addwin

Dengan menggunakan surat pengunduran diri sebagai acuan resign anda maka besar kemungkinan anda akan mendapatkan hak-hak sebagai karyawan di tempat anda bekerja. Gunakan surat pengunduran diri ini bila anda yakin ingin memutuskan kontrak kerja dengan perusahaan atau tempat anda bekerja. Semoga dapat menjadikan informasi yang valid dan berguna. (@win)