Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

Bagi yang ingin membuat Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang benar sesuai dengan ketentuannya bagi sebagian besar calon pekerja yang ingin mencari pekerjaan sangat membutuhkan ini. Berbicara tentang format dan bentuk kriteria surat lamaran kerja pada  suatu lowongan pekerjaan tertentu sering kali kita menganggap itu suatu hal mudah, namun tidak sedikit yang justru gagal memperoleh pekerjaan yang diinginkan hanya karena sedikit kurang paham dan cermat dalam membuat surat lamaran pekerjaannya. Padahal, surat lamaran itu sangat inti karena mereka yang membuka lowongan pekerjaan sudah paham dan menilai kualitas surat lamaran kerja dari calon pekerjanya.

Karena hal tersebut, jika dalam membuat surat lamaran dituntut harus dibuat secara benar dan menarik sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk diterima bekerja. Hal iniyang biasanya diindahkan oleh calon pekerja.

Contoh Dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja 2021 Lengkap

Kesalahan biasa terjadi saat menyusun Surat Lamaran Kerja yang paling sering itu adalah kesalahan struktur surat dan grammer bahasanya. Penting bagi kita (para pemohon) atau pelamar untuk melihat contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar dalam tata bahasa ataupun strukturnya. Tidak perlu dipusingkan lagi dengan struktur penulisan lamaran kerja dan tata bahasa yang digunakan karena Addwin akan berikan beberapa contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan.

Anda hanya perlu untuk menyesuaikan dengan mengganti nama, posisi jabatan yang ingin dilamar serta identitas yang sesuai dengan data diri anda. Pastikan dalam lamaran kerja kita menyertakan juga lampiran pengalaman kerja atau latar belakang pendidikan yang kita dimiliki.

Sudah ada beberapa cara membuat surat lamaran kerja pada perusahaan ataupun pada instansi umum yang bisa anda jadikan bahan contoh dalam menyelesaikan lamatan anda.

1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Yang Pertama
(Posisi: Tim Accounting)

Jakarta, 23 Juli 2021

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Manajer HRD
PT. Laksana Bangsa
Jl. M. Munir. Thamrin No. 23
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dari PT. Laksana Bangsa, Pada harian Republika tanggal 20 Juli 2021. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Accounting di PT. Laksana Bangsa. Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama  : Addwin Blog, SE
Tempat, Tanggal Lahir: Yogyakarta, 1 Juli 1994
Umur   : 22 tahun
Pendidikan Terakhir : Universitas Atma Jaya (S1)
Alamat                                  : Jl. Tambakbayan, No. 13 Yogyakarta
Telepon: 082344819xxx
E-mail: addwinblog@gmail.com

Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, dan lancar berbahasa Inggris secara lisan dan tertulis. Predikat lulusan di disiplin ilmu yang saya pelajari sangat memuaskan serta memiliki kemampuan akuntansi yang baik. Saya terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Saat ini saya bekerja sebagai staff accounting di PT. Multi Finance. Saya senang untuk belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
4. Pas foto terbaru

Besar harapan Saya Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan dengan terperinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar benarnya, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,


Addwin Blog, SE


2. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Yang Kedua
(Posisi: Staf Administrasi Perusahaan)

Indramayu, 20 September 2021

Kepada Yth :
Direktur PT. Lambang,
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.32 Indramayu

Perihal      : Lamaran Kerja
Lampiran : Enam (7) berkas


Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                 : Edwin AG
Tempat, Tanggal Lahir   : Wonosari, 12 Desember 1994

Alamat: Jl. Imarain No. 23 Karawang
No. Telp/HP: 08121234xxx
Pendidikan Terakhir: S1 Akuntansi

Dengan ini saya ingin mengajukan permohonan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi kekosongan formasi di perusahaan Bapak/Ibu.

Saya memiliki kemampuan desain web dan grafis serta kemampuan office seperti Excel. Ms. Word, Powerpoint, Outlock, Acces, dan kemampuan komputer di bidang pemrograman. Selain itu saya juga memiliki kemampuan bahasa inggris baik lisan maupun tertulis. Saya memiliki integritas dan loyalitas serta semangat kerja yang tinggi.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan pula beberapa berkas berikut ini:

1. Pas Photo Berwarna 3 x 4 sebanyak 1 lembar
2. Foto Copy Ijazah Terakhir sebanyak 1 lembar
3. Foto Copy KTP
4. Daftar Riwayat Hidup
5. Foto Copy Sertifikat Kursus Komputer
6. Foto Copy Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris TOEFL
7. Lainnya

Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya bapak/ibu pimpinan dapat mempertimbangkan permohonon saya untuk diterima di perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Atas perhatiannya saya haturkan terima kasih.

Hormat Saya,


Edwin Ag


<*> Demikian Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Valid.

Pastikan kata demi kata dan tata bahasa diperhatikan dengan teliti, kesalahan penulisan dalam surat lamaran kerja dapat mempengaruhi nilai autority personal anda dimata rekrutmen (@win).