Insidious Movie - Sinopsis Film Lengkap

Review film horor amerika yakni Insidious dan sinopsis film lengkap. Pernahkah anda menyaksikan film horor barat yang berjudul Insidious yang berdurasi 102 menit. Insidious merupakan film bertema horor yang berasal dari Amerika Serikat yang sudah terilis pada tahun 2011 silam. Film ini ditulis oleh penulis bernama Leigh Whannell dan telah diangkat dalam sebuah alur film oleh sutradara bernama James Wan.

Film Insidious menghabiskan biaya produksi sekitar kurang lebih $1,5 juta dan menuai keuntungan hingga $97 juta. Film yang di produksi 3 perusahaan produksi film ini mampu memuaskan ekspektasi penggemar film horor di dunia.


Sekilas Info Film Insidious 2010 yang telah Addwin berikan sesuai yang di kutip oleh wikipedia.org sebagai berikut:

Sutradara: James Wan.

Produser:
  • Jason Blum
  • Oren Peli
  • Steven Schneider

Penulis: Leigh Whannell

Pemeran:
  • Patrick Wilson
  • Rose Byrne
  • Ty Simpkins
  • Barbara Hershey
  • Lin Shaye
  • Andrew Astor
  • Leigh Whannell

Perusahaan Produksi
  • Stage 6 Films
  • IM Global
  • Alliance Films

Distributor: FilmDistrict

Tanggal rilis
  • 14 September 2010 (TIFF)
  • 1 April 2011 (Amerika Serikat)

Durasi: 102 menit

Negara: Amerika Serikat

Sinopsis Film Insidious Lengkap


Alur cerita dalam film insidious ini menceritakan 2 orang yakni Renai dan Josh Lambert yang baru saja pindah ke rumah baru dengan 3 orang anak mereka. Disuatu pagi, Renai melihat album foto keluarga dengan anaknya yakni Dalton, kemudian anaknya itu bertanya "mengapa tidak ada foto Josh ketika masih anak-anak?" Renai beralasan bahwa ayahnya malu dan tidak menyukai foto dirinya sendiri.

Suatu ketika, Dalton mendengar sesuatu di atap dan pergi untuk menyelidiki. Saat dia masuk ke dalam, dia mencoba memanjat tangga untuk menyalakan lampu, tetapi jatuh karena tangga retak. Disaat ia jatuh ke lantai, dia menatap penuh ketakutan di kegelapan seolah-olah melihat sesuatu yang mengerikan, kemudian Renai menyuruhnya untuk beristirahan dan Josh menasihatinya untuk tidak bermain di atas atap lagi.

Pada keesokan harinya, Dalton tidak terbangun dari tidur. Renai dan Josh bergegas membawanya ke rumah sakit. Para dokter mengatakan dia dalam keadaan koma. Tiga bulan kemudian, Dalton dipindahkan kembali ke rumahnya saat masih dalam koma. Tak lama setelah kejadian itu, rangkaian peristiwa mengusik mereka mulai terjadi.

Renai mendengar suara aneh dari alat pemantau bayi dan cetakan tangan berdarah di alas kasur tempat tidur Dalton disertai penampakan seorang pria aneh di kamar tidur bayi perempuannya. Renai menjadi lebih terganggu ketika anak mereka yakni Foster mengatakan dia tidak suka ketika Dalton "berjalan di sekitarnya" pada malam hari.

Renai memberitahu kejadian ini kepada Josh dan ingin segera pindah dari rumah yang mereka huni saat ini. Di rumah baru, peristiwa supranatural masih saja terjadi. Ibunya Josh yakni Lorraine ingat sebuah mimpi yang pernah dialaminya. Dalam mimpinya tersebut, dia masuk ke dalam kamar Dalton dan melihat suatu bayangan hitam berdiri di sudut dan mengatakan bahwa kaumnya menginginkan Dalton.

Selanjutnya Lorraine melihat makhluk berwajah merah berdiri di belakang Josh, kemudian Dalton diserang di kamarnya. Peristiwa ini membuat Lorraine menghubungi temannya yaknu Elise Reiner yang ahli dalam kegiatan penyelidikan  bersifat paranormal.

Dibantu Keluarga, Elise, dan tim cenayang memasuki ruangan Dalton. Elise melihat dan menggambarkan sosok yang ada di kamar tersebut kepada asistennya. Sosok hitam dengan wajah merah dan mata berongga gelap di plafon kamar Dalton. Sosok yang sama yang Lorraine lihat sebelumnya dalam rumah.

Elise menjelaskan kepada Renai dan Josh bahwa Dalton memiliki kemampuan proyek astral sejak kecil. Alasan bahwa Dalton berada dalam keadaan koma karena ia tanpa rasa takut bepergian terlalu jauh ke dunia roh, dan akibatnya ia tersesat di suatu tempat yang disebut "The Further". Itu nerupakan sebuah tempat bagi roh-roh yang tersiksa setelah kematian.

Sementara roh Dalton ada dalam dunia lain, sehingga raganya tanpa roh. Roh-roh yang tersiksa mendambakan kesempatan untuk masuk dalam hidup melalui raga Dalton, selain itu setan ingin menggunakan Dalton untuk niat jahat. Untuk mengonsumsi tubuh, diperlukan periode waktu dan energi.

Skeptis pada awalnya, kemudian Josh menyesal karena keraguannya tersebut dan akhirnya percaya tentang kemistisan. Ketika ia menemukan gambar-gambar oleh Dalton yang menyerupai setan angka yang dijelaskan Elise. Mereka menjalankan ritual untuk berkomunikasi dengan Dalton.

Setan menggunakan tubuh Dalton untuk melawan tiga roh lainnya yang menginginkan tubuh Dalton. Setelah ritual, Elise memanggil Lorraine dan mengungkapkan bahwa Josh juga bisa melakukan proyek astral, dan diteror oleh roh jahat pada masa kecilnya. Lorraine menunjukkan mereka foto Josh pada masa kanak-kanak, menjelaskan tentang bayangan wanita tua di belakangnya.

Pada foto Josh tersebut ada bayangan wanita tua yang mendekati Josh sampai beberapa inci darinya, ia menjelaskan sambil dipenuhi rasa takutnya akan foto tersebut. Elise menunjukkan bahwa Josh harus menggunakan kemampuannya untuk menemukan dan membantu mengembalikan jiwa Dalton dan Josh menyetujuinya lalu pergi ke dunia roh.

Di alam roh, ia menemukan Dalton yang sedang dirantai ke lantai dan ia membebaskan anaknya tetapi setan menemukan kehadiran Josh dan menyerang mereka. Dalam pencarian raga mereka, roh Josh dan Dalton melarikan diri dari setan yang mengejar mereka. Tepat sebelum terbangun, Josh meninggalkan anaknya untuk menghadapi bayangan wanita tua yang muncul untuk menuju ke dalam rumahnya.

Saat ia berteriak untuk pergi darinya dan berteriak bahwa ia tidak takut. Akhirnya roh tadi mundur ke dalam kegelapan. Beberapa saat kemudian Josh dan Dalton terbangun dan semua roh lenyap. Segenap keluarga sekarang gembira karena bersatu kembali.

Renai, Dalton, dan Lorraine sedang ngobrol di dapur. Elise sedang berbicara untuk berpamitan kepada Josh. Saat Elise mengambil foto masa kanak-kanak dari tangan Josh, Elise merasakan sesuatu dan memotret Josh. Josh langsung memarahi Elise seraya berkata bahwa ia tidak ingin difoto dan josh mencekik Elise.

Renai yang saat itu mendengar Josh berteriak, ia segera menuju ke ruangan sumber suara. Di sana Renai menemukan Elise telah tewas setelah Josh pergi. Dia mencari Josh dan ia melihat kamera Elise terdapat foto bayangan seorang wanita dengan gaun pengantin. Ini menunjukkan bahwa apa yang Elise lihat adalah Josh dengan tampang tua dengan tangan dan kuku yang kotor. Tiba-tiba Josh memegang bahu Renai sambil mengatakan, "Renai, aku di sini".

Kengerian menyelubungi wajahnya saat ia melihat ke belakangnya. Dalam sebuah adegan setelah kredit film, ada sekilas wajah wanita tua buruk rupa terlihat meniup lilin dan akhirnya film tersebut selesai.


Dalam alur cerita diatas menyimpulkan bahwa anaknya Josh dan Rinei berhasil diselamatkan oleh Josh yang merupakan ayah dari anak tersebut namun Josh yang menggantikan anaknya sebagai roh yang terjebak dalam dunia lain. Dari plot film Insidious, tentu kita akan menantikan kelanjutan Insidious movie yang ke dua atau serial lanjutan dari Insidious yang mana korbannya adalah josh. Saat ini telah ada terusan dari Insidious 1 dan Insidious 2 ditahun 2020 atau tahun-tahun berikutnya.(@win)