Contoh Surat Pernyataan Lengkap

Surat pernyataan bisa anda gunakan untuk menyatakan suatu kondisi atau keadaan dimana anda secara tertulis menyatakan suatu pernyataan yang bisa dipertanggungjawabkan. Surat pernyataan ini memiliki bentuk dan tujuan yang berbeda-beda. Umumnya surat penyataan ini digunakan untuk menyatakan kesanggupan, suatu perjanjian ataupun pertanggungjawaban akan sesuatu bentuk dan kondisi. Namun anda juga bisa menggunakan surat penyataan untuk melamar suatu pekerjaan yang memiliki syarat yakni melampirkan surat penyataan kesanggupan bekerja.

Secara lengkap, addwin akan menjabarkan apa itu surat penyataan yang mana bisa dilihat pengertian surat pernyataan berikut ini.

Apa Itu Surat Pernyataan?

Secara umum, pengertian surat penyataan yakni suatu keterangan tertulis yang anda tulis untuk menjelaskan suatu kondisi atau keadaan. Secara khusus surat penyataan digunakan untuk beberapa tujuan semisal membuat surat pengakuan tidak bersalah, tidak mampu dan lainnya.

Kegunaan surat penyataan yakni memiliki dasar yang mana bisa dipertanggung jawabkan bila dikemudian hari ada keadaan ataupun situasi yang tidak sesuai dengan penyataan yang ditulis dalam surat pernyataannya sebelumnya.

Untuk memudahkan anda mengerti cara menyusun atau membuat surat pernyataan, berikut ini Addwin telah siapkan kumpulan list contoh surat pernyataan lengkap yang bisa anda jadikan contoh dalam menyusun pernyataan tertulis anda.

Surat Pernyataan

SURAT PERNYATAAN

Saya kelompokan beberapa surat penyataan yang bisa anda gunakan sesuai tujuan anda. Bagi yang masih bingung menyusun surat pernyataan maka ulasan lengkapnya mengenai contoh yang benar dibawah ini, yakni:


Tujuan surat penyataan ini adalah menjelaskan bahwa penyusunan skripsi yang anda lakukan adalah asli buatan sendiri dan tidak mengopy, menjiplak dari sumber lain, berikut contoh surat penyataan anti plagiat.

(CONTOH)
----------------------------------------------------------------

SURAT PERNYATAAN ANTI PLAGIAT


Yang bertanda tangan dibawah ini:
  • Nama: Edwin Ag (Addwin)
  • Agama: Islam
  • Alamat Rumah: Jln. Diponegoro, Blok 45, No. 10, Gunung Kidul, Yogyakarta

Dengan ini menyatakan skripsi yang berjudul:
"PENGARUH PROFITABTLITAS, UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK TNIIONESTA (BEI) PERIODE 2016-2019" adalah hasil kerja tulisan saya sendiri dan bukan hasil plagiat dari Karya Tulisan Ilmiah Orang lain, baik berupa Artikel, Skripsi, Thesis ataupun Disertasi.

Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya, jika dikemudian hari ternyata terbukti bahwa Skripsi yang saya tulis adalah hasil Plagiat maka saya bersedia menerima sangsi. Saya bertanggungiawab secara mandiri tidak ada sangkut pautnya dengan Dosen Pembimbing dan Kelembagaan Fakultas Ekonomi Untag Surabaya.

Yogyakarta, 20 Februari 2020

Yang Membuat

(materai)
(tanda tangan)

Edwin Ag (Addwin)
----------------------------------------------------------------


Dalam menyusun surat perjanjian, ada beberapa tujuan, antara lain: perjanjian jual beli, perjanjian kredit uang (utang), perjanjian kerja sama, dan lain sebagainya. Pada kelompok surat perjanjian ini, Addwin akan memberikan contoh surat pernyataan jual beli rumah yang paling benar yang bisa anda lihat contoh lengkapnya di bawah ini.

(CONTOH)
----------------------------------------------------------------

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI TANAH


Yang bertanda tangan di bawah ini:
  • Nama: Edwin Ag
  • Umur: 19 Tahun
  • Pekerjaan: Bloggers
  • Alamat: Jl. Diponegoro No. 10, Yogyakarta

Atau disebut Pihak Pertama (penjual)
  • Nama: Master Seo
  • Umur: 26 Tahun
  • Pekerjaan: Websters
  • Alamat: Jl. Review No. 1, Bantul

Untuk setelahnya disebut Pihak Kedua (pembeli)

Pada tanggal 4 Mei 2020 Pihak Pertama telah menjual, melepas secara mutlak sebidang tanah seluas 400 M2 di Jl. Kali Serem No. 27. RT 01/03 Kecamatan Joran, Kelurahan Jaran, Bantul.

Berikut sebuah bangunan yang berada di atas tanah tersebut kepada Pihak Kedua dengan harga tunai Rp. 1.300.000,- (satu juta tiga ratus ribu rupiah). Pembayaran dilaksanakan di hadapan saksi-saksi dengan tunai.

Bangunan terdiri dari:
  • Ukuran panjang dan lebar: 210 M2
  • Atap: Seng
  • Dinding: Papan
  • Lantai: Plur

Maka, sejak tanggal 4 mei 2020, tanah bangunan tersebut telah menjadi hak milik Pihak Kedua. Saat waktu pelaksanaan jual-beli tanah ini, baik Pihak Pertama (penjual) maupun Pihak Kedua (pembeli) serta para saksi meyatakan satu sama lain dalam keadaan sehat dan segala sesuatu dengan maksud baik.

Demikian, setelah keterangan isi surat jual beli ini dipahami oleh kedua pihak, serta saksi-saksi, maka ditanda tanganilah sebagai awal proses pemindahan hak milik Pihak Pertama kepada Pihak Kedua.

Bantul, 4 Mei 2020

Pihak Pertama          Saksi         Pihak Kedua


   Master Seo             Google          Edwin Ag

Note:
Anda bisa menambahkan saksi lebih dari satu orang agar memperkuat perjanjian ini. Sertakan materai setiap pihak dan ditandatangani.
----------------------------------------------------------------

C. SURAT PERNYATAAN KERJA

Dalam pembuatan surat pernyataan untuk kerja ini bertujuan untuk meyakinkan pihak yang anda inginkan diberi pekerjaan, ini bisa dikategorikan sebagai surat perjanjian kerja. Untuk cara pembuatannya, anda bisa lihat contoh lengkap dan benar di bawah ini.

(CONTOH)
----------------------------------------------------------------

SURAT PERNYATAAN KERJA


Yang bertanda tangan di bawah ini:
  • Nama: Addwin
  • Tempat/Tgl Lahir: Wonisari, 14 September 2000
  • Jenis Kelamin: Laki - Laki
  • No. KTP: 8938793562
  • Alamat Lengkap: Jln. Diponegoro No. 10, Gunung Kidul

Dengan ini menyatakan bahwa:
  1. Saya belum terikat kerja atau kontrak kerja dengan perusahaan  ataupun instansi lain dimanapun.
  2. Saya sanggup dikerjakan di tempat cabang perusahaan manapun di seluruh wilayah Indonesia.
  3. Saya bersedia dan mampu untuk bertugas dalam jangka waktu yang ditetapkan.
  4. Saya tidak akan mengundurkan diri sebelum berakhirnya masa kontrak kerja saya tanpa alasan apapun.
  5. Saya tidak akan mengambil cuti selama masa tugas kerja saya.

Demikian surat pernyataan dibuat dan saya tulis dengan sebenarnya tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Jika apabila nantinya kemudian hari saya ternyata melakukan pelanggaran atau  melanggar pernyataan ini, maka saya siap menerima segala konsekuensinya sesuai dengan hukum yang berlaku.

Yogyakarta, 14 Desember 2020

Yang Membuat Pernyataan

            (materai 6000)
            (tanda tangan)

                  Addwin

Note:
Anda bisa menambah beberapa pernyataan kesanggupan yang menurut anda bisa dipertanggungjawabkan dikemudian hari.
----------------------------------------------------------------

Baca Juga Artikel Tentang:

Diatas merupakan 3 contoh pembuatan surat penyataan yang mana cukup jelas untuk dijadikan bahan contih sekaligus referensi untuk membuat surat pernyataan. (@win)