Contoh Kata Pengantar Lengkap

Biasanya kata pengantar yang kita susun untuk itu untuk suatu karya tulis, skripsi dan lain sebagainya. Kadang kala kita kesulitan dalam menyusun kata pengantar untuk memulai suatu penulisan karya ilmiah. Saya akan berikan sedikit contoh penulisan kata pengantar yang mungkin bisa menjadi sebuah referensi untuk anda dalam membuat kata kata pengantar yang baik dan benar.

Sebelum itu marilah kita melihat apa sih pengertian dari kata pengantar tersebut?

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan halaman yang berisi ucapan-ucapan dari penulis mengenai selesainya penulisan karya tulis tersebut baik mengenai ucapan rasa syukur, rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan, kritik dan saran yang membangun.

Setelah anda tau tentang pengertian kata pengantar maka mari kita simak contoh kata pengantar yang baik dan benar betikut ini.

Baca juga:


CONTOH KATA PENGANTAR

Contoh Kata Pengantar Lengkal

# Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT sebab karena limpahan rahmat serta anugerah dari-Nya kami dapat menyelesaikan makalah kami dengan judul “Adab Kepada Guru dan Kedua Orang Tua” ini.

Tidak lupa Shalawat dan salam selalu kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua sebagai umatnya, yang mana beliau menyampaikan Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Selanjutnya dengan kerendahan hati kami meminta kritik dan saran dari pembaca untuk makalah ini supaya selanjutnya bisa kami revisi kembali. Karena penulis menyadari, bahwa makalah yang telah kami buat ini masih memiliki banyak kekurangan.

Tidak lupa kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian makalah ini hingga rampungnya makalah ini.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, Semoga makalah ini mampu memberikan manfaat kepada setiap pembacanya.

B. Jakarta 10 Januari 2021

# Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

KATA PENGANTAR

Ucapan puji dan syukur semata-mata hanyalah milik Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah kami memuji dan bersyukur, meminta ampunan dan kami meminta pertolongan.

Tidak lupa Shalawat dan salam kami haturkan untuk junjungan nabi agung kita, Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna yang merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Dengan pertolongan-Nya, puji syukur, akhirnya kami mampu menyelesaikan makalah kami dengan judul “Sejarah Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia” dengan lancar. Penulis menyadari dengan sepenuh hati bahwa terdapat ketidak sempurnaan atau kekurangan dalam makalah ini.

Oleh karena itu, kami sangat meminta kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk materi evaluasi kami mengenai penulisan makalah berikutnya. Kami juga berharap hal tersebut bisa dijadikan cambuk untuk kami supaya kami lebih mengutamakan kualitas makalah yang selanjutnya.

B.Jakarta 26 Juli 2020

# Contoh Kata Pengantar Hukum

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Swt sebab atas segala rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya, makalah tentang “Penerapan Hukum Terhadap Tindak Pidana Perkosaan Terhadap Anak” ini mampu kami selesaikan tepat waktu. Meskipun kami menyadari bahwa masih banyak kesalahan didalamnya. Tidak lupa pula kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Amy S.H. yang telah membimbing dan memberikan tugas ini.

Kami sangat berharap dengan adanya makalah ini bisa memberikan manfaat serta edukasi mengenai tindak pidana perkosaan yang tentunya perbuatan tersebut akan merugikan korban dan  diri sendiri. Makalah ini juga diharapkan dapat memberikan edukasi mengenai hukuman bagi pelaku yang melakukan perkosaan terhadap anak-anak, khususnya pada anak di bawah umur.

Namun, kami menyadari dengan sepenuh hati bahwa dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca untuk kemudian makalah kami ini dapat kami perbaiki dan menjadi lebih baik lagi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat.

B.Jakarta 17 April 2020

# Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberi kami kesempatan serta kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini sesuai dengan waktu yang di tentukan. Tanpa pertolongan-Nya tentunya kami tidak akan bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik. Tidak lupa Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-natikan syafa’atnya di dunia dan akhirat nanti.

Kami mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, sehingga penulis mampu untuk menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas akhir dari mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama dengan judul “Diabetes dan Cara Pengobatannya”.

Saya selaku penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan. Untuk itu, saya mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, agar makalah ini nantinya bisa menjadi makalah yang lebih baik lagi. Demikian, apabila ada kesalahan pada makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada guru Bahasa Indonesia kami Bapak Untung yang telah membimbing kami dalam menulis makalah ini.

Demikian, semoga makalah ini  bermanfaat. Terima kasih.

B. Surabaya 30 Agustus 2020

Kita bisa sesuaikan dengan apa yang kita susun, kata-kata yang baik dan pola bahasa pun harus kita perhatikan agar yang membaca tertarik untuk melanjutkan bacaannya. Itulah sedikit info tentang cara pembuatan kata pengantar yang yang sederhana dan singkat.

Terima Kasih.