Contoh Alat Musik Modern Lengkap

Alat musik merupakan salah satu benda yang dapat menghasilkan suara, nada yang bervariasi sesuai fungsinya. Dizaman modernisasi ini, musik telah berkembang dengan pesat dan menghasilkan seni musik yang beragam.

Dari sisi alat musik modern juga mengalami pembaharuan yang signifikan. Ada beberapa alat musik modern yang umumnya belum terlalu populer. Secara umum kita mengetahui banyak macam-macam alat musik dan sebagiannya lagi masih belum kita ketahui.

Untuk pengetahuan itu, kini Addwin akan berikan contoh alat musik modern yang telah menjadi alat yang umum di gunakan untuk menghasilkan karya seni berupa musik.

Alat Musik Modern

  • Gitar Akustik
  • Gitar Listrik
  • Gitar Bass
  • Piano
  • Drum
  • Biola
  • Obo
  • Saksofon
  • Flute
  • Terompet
  • Harmonika
  • Keyboard
  • Sitar
  • Pianika
  • Suling

Setalah kita melihat jenis alat musik modern diatas, Addwin akan menjelaskan satu per satu tentang alat musik modern tersebut. Sebagai informasi, simak detail alat musik modern dibawah ini.

1. Gitar Akustik

Alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Umumnya menggunakan jari maupun plektrum.

Gitar Akustik - Alat Musik Modern

Gitar terbuat dari kayu dengan beberapa bagian dari logam / Metal dan terdapat 6 senar untuk dimainkan. Bagian atas dan bawah dari badan gitar berbentuk angka 8. 6 senar terikat pada Pegs atau pemutar senar yang ditarik sepanjang badan gitar. Pegs / pemutar senar digunakan untuk Tuning.

2.  Gitar Listrik

Gitar listrik merupakan jenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk merubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loud speaker. 

Gitar Listrik - Alat Musik Modern

Suara gitar listrik dihasilkan dari getaran senar gitar yang mengenai kumparan yang ada di badan gitar yang biasa disebut "pick up". Terkadang sinyal yang keluar dari pickup diubah secara elektronik dengan gitar effect sebagai reverb maupun distorsi.

3.  Gitar Bass

Gitar bass merupakan alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik  tetapi bass memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar dibandingkan dengan gitar yang memiliki enam senar.

Gitar Bass - Alat Musik Modern

Bobot dari biasanya lebih berat daripada gitar listrik, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi tekanan pada  leher gitar.Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan panjang senar.

Ada banyak macam bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan cello bass  yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera, bass listrik biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band dan bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada kolom/pembatas pada papan tekan pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik.

4.   Piano

Piano merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan, bentuk dan fungsi piano kurang lebih seperti keyboard.

Piano - Alat Musik Modern

Namun, ukuran piano lebih besar dari pada keyboard, dan piano lebih banyak tuts-nya dari pada keyboard, sedangkan keyboard cuma terdiri dari 5 tuts saja, atau ada juga keyboard yang lebih dari 5 tuts, itupun keyboard tertentu saja.

Adapun sebutan bagi pemain piano yaitu Pianis,piano juga merupakan alat musik yang bisa dikategorikan sebagai bagian dari furnitur yang indah. Karenanya alat musik ini membutuhkan perawatan yang baik dari pemiliknya.

5. Drum

Drum merupakan alat musik yang termasuk kedalam golongan perkusi. Pada drum, setidaknya l terdiri dari satu buah membran atau lebih. Membran-membran ini biasa disebut sebagai Drum-head atau kulit drum.

Drum - Alat Musik Modern

Pada umumnya, drumhead  di pasang di bagian atas dan bawah dari drum shell, dan menghasilkan bunyi ketika drum-head tersebut dipukul, baik menggunakan tangan atau tongkat pemukul yang biasa di sebut drum stick. Suara tersebut dihasilkan dari resonansi getaran pada drum-head, yang merupakan hasil dari tabrakan udara yang berada di dalam shell dengan dinding shell dan drum-head bagian bawah.

Suara yang dihasilkan sangant bervariatif tergantung dari jenis drum-head yang digunakan, bahan shell yang digunakan, dan ukuran dari shell tersebut.

Drum merupakan alat musik tertua, dan digunakan di seluruh belahan dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Mengikuti perkembangan jaman, drum telah berevolusi hingga seperti bentuk yang kita kenal sekarang.

6.  Biola

Biola merupakan sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara  digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima.

Biola - Alat Musik Modern

Nada yang paling rendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu viola dancello, biola yang memiliki nada tertinggi. Kertasmusik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis pada kunci G. Biola dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu badan biola, leher biola, jembatan biola, papan jari, senar, dan beberapa macam perangkat pembantu.

7. Obo

Obbo - Alat Musik Modern

Obo merupakan alat musik double reed jenis woodwind.obo merupakan keturunan dari shawm. Kata "obo" berasal dari bahasa Perancis hautbois, berarti "high wood". Alat musik ini terkadang masih disebut hautboy dalam bahasa Inggris. Seorang musikus yang memainkan obo disebut obois.

8. Saksofon

Saksofon merupakan instrumen yang masih tergolong dalam keluarga brasswind.

Saksofon - Alat Musik Modern

Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon yang merupakan ciptaan dari Adolphesax  pada tahun 1846, umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.

9.  Flute

Flute merupakan instrumen musik dari keluarga woodwind. Suara flute berkarakter lembut dan dapat dikombinasikan dengan instrumen lainnya dengan baik.

Flute - Alat Musik Modern

Flutemodern untuk profesional umumnya terbuat dari perak, emas atau kombinasikeduanya. Sedangkan flute untuk student umumnya terbuat dari nikel-perak,atau logam yang dilapisi perak.

10. Terompet

Terompet merupakan alat musik tiup logam. Terletak pada jajaran tertinggi di antarat tuba, trombon, sousafon, French horn, dan Barinton.Terompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.

Terompet - Alat Musik Modern

Tentu saja semua orang dapat bermain trompet. Namun, bagi pemain trompet, dibutuhkan nafas yang panjang dan kuat. Umumnya, perokok sedikit sulit memainkannya karena napas nya yang lebih pendek daripada orang yang bukan perokok. Jadi, jika Anda menyukai alat musik tiup seperti trompet ini, disarankan Anda untuk tidak merokok atau mempunyai aktivitas atau kebiasaan atau penyakit yang menjadikan Anda bernapas pendek.

11.   Harmonika

Harmonika merupakan alat musik yang paling mudah dimainkan.Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus.

Harmonika - Alat Musik Modern

Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa.

12.  Keyboard

Keyboard berasal dari kata key yang berarti kunci. Sedangkan board berarti papan.Keybord merupakan alat musik yang terdiri dari sekumpulan tuts pada sebuah bidang yang mirip papan (board).

Keyboard - Alat Musik Modern

Keyboard memiliki ciri-ciri, seperti:

  1. Umumnya memiliki tuts 5 oktaf., pada beberapa tipe dan merek tertentu ada yang lebih dari 5 oktaf.
  2. Pengoperasiannya harus menggunakan listrik.
  3. Memiliki berbagai macam suara mulai dari suara piano, flute, gitar, drum dan lain-lain.
  4. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur-fitur seperti style (musik iringan), karaoke, fitur untuk merekam dan lain-lain.

Keyboard dimainkan dengan menggunakan sepuluh jari yang dimainkan pada tuts sesuai nada-nada di dalam lagu yang dimainkannya. Melodi lagu dimainkan dengan jari tangan kanan sementara chord untuk mengiringi lagu dimainkan dengan jari-jari tangan kiri.

13. Sitar

Sitar merupakan alat musik yang paling populer dan diterima dengan baik sebagai alat musik khas India Utara. Basis Sitar dibuat dari labu labu.

Sitar - Alat Musik Modern

Sitar datang di berbagai kualitas dengan harga yang berbeda sesuai dengan dekorasi ukiran. Instrumen string ini banyak digunakan dalam pertunjukan klasik cahaya. Ada yang memproduksi Sitar dengan desain yang tak tertandingi dengan ukiran kayu. Sungguh membuatnya sangat artistik.

Alat bersenar ini mempunyai lima hingga tujuh tali dawai (dua hingga empat tali digunakan untuk memainkan melodi, dan 3 tali untuk dengung). Dibuat dari kayu yang berbentuk bujur seakan sebelah buah pear.

Cara memainkan Sitar adalah dengan meletakkannya dengan cara terlentang dan dipetik dengan jari-jari sebelah tangan. Jari-jari tangan sebelah lagi menekan dan menarik pada berbagai kedudukan di tali-tali yang mengeluarkan berbagai tingkat suara dan melodi. Sitar biasanya dimainkan dalam kumpulan instrumental kecil atau sebagai alat solo.

14. Pianika


Pianika - Alat Musik Modern

Alat musik pianika termasuk alat musik melodi yang merupakan alat musik bertuts yang dimainkan dengan cara ditiup. Bilahan-bilahan nadanya ada yang berwarna putih untuk nada-nada asli (natural) dan ada yang berwarna hitam-hitam untuk memainkan nada-nada kromatis.

15. Suling

Suling merupakan alat musik dengan cara ditiup untuk memainkannya yang terbuat dari bambu. suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.

Suling - Alat Musik Modern

suling modern untuk para ahli musik umumnya terbuat dari perak,emas ataupun campuran keduanya. sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari nikel-perak, atau logam yang dilapisi perak.

suling konser standar ditalakan di c dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle c. akan tetapi, pada beberapa suling untuk para ahli ada kunci tambahan untuk mencapai nada b di bawah middle c. ini berarti suling merupakan salah satu alat musik orkes yang tinggi, hanya piccolo yang lebih tinggi lagi dari suling. piccolo adalah suling kecil yang ditalakan satu oktaf lebih tinggi dari suling konser standar. piccolo juga umumnya digunakan dalam orkes.

Alat musik diatas merupakan alat musik modern yang populer diabad ini. Diharapkan ini dapat memberi informasi dan referensi untuk jenis alat musik modern. (@win)