Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartfren 4G

Cara ampuh mempercepat koneksi smartfren tanpa aplikasi bisa anda coba dengan mudah bila koneksi jaringan internet anda terasa lemot saat digunakan. Cara yang addwin berikan ini terbilang gampang dalam mengaplikasikannya karena tanpa menggunakan aplikasi dan terbukti ampuh.

Kita kadang merasa kesal saat streaming video youtube atau sedang bermain game online namun kadang terasa ngelag dan buffering akibat koneksi jaringan smartfren 4g kita di tahun 2021 yang lemot. Kita bisa menggunakan beberapa setingan pada akses point yang dapat menambah kecepatan laju lalu lintas internet kita.

Adapun cara yang digunakan sangatlah simple dan terbukti cukup ampuh mengatasi masalah dan kendala pada koneksi jaringan yang kita gunakan dengan mudah. Tips dan trik ini khusus digunakan untuk provider smartfren 4G dan tidak akan bisa digunkaan untuk penyedia layanan selain smartfren.

Kita bisa mensetting akses poin dan DNS untuk menambah kecepatan jaringan internet kita. Namun bila ada yang masih mengalami kendala atau masih merasa bingung untuk cara settinganya tersebut maka kita akan membahasnya dibawah untuk Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartfren 4G yang mudah dalam pengaplikasiannya.

Cara Ampuh dan Mudah Mempercepat Koneksi Internet Smartfrend 4G Anti lelet dan Lemot
sumber: liputan6.com

A. Tips dan Trik Ampuh Mempercepat Koneksi Internet SmartFren (Tanpa Aplikasi)

Ikuti tahapan dan langkah-langkah yang akan addwin berikan untuk memudahkan anda dalam mendapatkan tutorial setting jaringan smartfren tercepat sebagai berikut.

Cara Menambah Kecepatan Koneksi Internet Smartfren Anti Lemot


1. Setting Akses Poin Name Apn SmartFren

Dengan mensetting access point names ataupun APN Smarfren bisa anda lakukan agar dapat mempercepat koneksi internet Smartfren 4G. Bagaimana caranya? Anda tambahkan APN Smartfren baru di hp android anda. Untuk menambahkannya, anda bisa membuka menu setting atau pengaturan di hp android anda. Setelah itu, anda pilih network seluler (celular networks) atau mobile networks pada settings. Jika sudah, silahkan anda pilih menu Access Point Names. 

Anda harus memastikan telah memilih APN sesuai dengan slot kartu sim anda. Misalnya, jika anda menggunakan kartu Smartfren pada slot sim 2, maka pilih networks, sim 2, dan klik access point name, kemudian silahkan pilih Add Access Point. Apabila sudah berhasil menambahkannya, silahkan anda isi APN sesuai dengan keinginan dan pilih Save untuk menyimpannya.

Adapun poin penting dalam setting APN Smartfren, pastikan anda mengisinya dengan data-data di bawah ini secara benar.

  • Nama: smartFren4G
  • APN: smartfren4G
  • Port: kosongkan
  • Proxy: kosongkan
  • Nama Pengguna: smartfren
  • Sandi: smartfren
  • MMSC: http://10.17.93.103:8080
  • Server: kosongkan
  • Proxy MMS: 10.17.27.250
  • Port MMS:8080
  • MNC: 09
  • MCC: 510
  • Jenis autentikasi: PAP or chap
  • Jenis APN: default,mms,supl
  • Protokol APN: IPv4/ipv6
  • Bearer: Unspecisified Atau bisa pilih LTE
  • Protokol Roaming APN: IPv4
  • MVNO: tidak perlu di set


Note:
Pastikan anda mengisinya sesuai poin penting yang Addwin sebutkan diatas. Untuk penulisannya pastikan  anda teliti untuk ukuran besar atau kecilnya huruf (abjad) karena itu sangat berpengaruh terhadap settingan tersebut.

B. Tips dan Trik Ampuh Mempercepat Koneksi Internet SmartFren (Menggunakan Aplikasi)

Untuk mempercepat koneksi internet smartfren yang satu ini menggunakan aplikasi atau software yang bisa anda dapatkan melalui google play store dan ikuti langkah berikut ini.

Aplikasi Mempercepat Koneksi Internet Smartfren Anti Lelet


1. Setting DNS Benchmark (Aplikasi DNS Benchmark)

Selain melalui setting Access Point Names, ada cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G lainnya yakni dengan setting DNS Benchmark. Bagaimana caranya? Anda download terlebih dahulu software  atau aplikasi DNS Benchmark di play store atau situs penyedia lainnya. Tipe software yang satu ini berupa portable sehingga tidak perlu instalasi. Kemudian buka program DNS Benchmark dan pilih pada menu Nameservers. Setelah itu, anda klik pada Run Benchmark. Tunggu hingga proses pencarian DNS selesai. Mungkin hal tersebut akan memakan waktu lama apabila koneksinya lemot.

Apabila proses pencarian telah selesai, anda bisa melihat beberapa daftar DNS. DNS yang warnanya kecoklatan sudah tak bisa digunakan atau dipakai lagi, sementara itu untuk DNS yang warnanya hitam masih bisa digunakan. Anda cari DNS yang grafik biru dan hijau karena masih banyak atau panjang. Grafik dengan warna merah menjadi tanda bahwa bandwidth telah terpakai. Anda cari 2 DNS yang memiliki kemiripan sebagai primary dan secondary DNS. Misalnya saja DNS Google dengan primary DNS 8.8.8.8 dan secondary DNS 8.8.4.4.

Agar guna memasukkan DNS di Smartfren, anda buat setting profil internet baru dengan memanfaatkan pengaturan sebagai berikut:

  • Profile Name: Smart1
  • User name: smart
  • Access Number: #777
  • Password: smart

Langkah selanjutnya yakni anda klik Advanced untuk tahapan pengaturan lebih lanjut. Dalam DNS Settings, anda pilih Static dan isikan 2 DNS yang berperan sebagai primary dan secondary DNS tersebut. Lalu klik OK. Setelah itu, anda pilih dan klik Save dan klik OK supaya anda bisa menyimpan pengaturan profil yang baru. Kemudian anda pilih profil internet yang sudah anda buat tadi, misalnya Smart1 dan klik Connect. 

Anda bisa mencoba untuk browsing dan merasakan perubahannya. Jika masih lemot, anda bisa gunakan pilihan DNS yang lain pada daftar DNS Benchmark. Ganti DNS Google dengan DNS yang lain dan selesai.

Dengan langkah dan tahapan diatas anda lakukan dapat mempercepat koneksi pada jaringan internet smartfren 4G anda. Cara diatas sangat ampuh untuk kita gunakan namun kemungkinan ada beberapa kendala bila sinyal jaringan internet kita mengalami masalah. Artikel ini telah saya update di bulan juni 2021 dan semoga info cara dan tips trik yang addwin berikan ini berguna dan bermanfaat.(@win)