Objek Wisata Di Indonesia Wajib Dikunjungi

Menurut Addwin, banyak sekali tempat wisata atau objek wisata yang ada di Indonesia. Bukan hanya ratusan, bahkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan traveler terbanyak di dunia. Tentu itu tak bisa kita pungkiri bahwasannya tanah air kita merupakan daerah kepulauan dan memiliki beberpa situs peradaban dunia.

Bukan hanya pantai, Nusatara ini memiliki banyak gunung yang pasti disuki para traveler dan pendaki seluruh dunia. Selain itu, Indonesia disebut-sebut merupakan benua atlantis yang mana puing reruntuhan ini ditemukan di bagian kepulauan yang terletak di wilayah indonesia, namun hal ini belum bisa di buktikan dan masih menjadi rumor.

Peninggalan peradaban dunia seperti candi ada di Indonesia dan ini menjadikan Nusantara sebagai salah satu negara seribu candi. Hal semacam inilah yang menarik para wisatawan lokal maupun interlokal yang ingin menikmati liburan di tanah merah putih ini.

Pantai, Pulau, Gunung, Candi dan masi banyak lagi yang menarik turis ingin mengunjungi negara ini. Namun pengetahuan akan tempat liburan tidak s3detail dengan kenyataan, bahkan kita sebagai warga Indonesia pun tidak terlalu tau tempat apa saja yang sangat menarik di Indonesia ini.

Dikarenakan hal tersebut, Addwin akan berikan beberapa Objek Wisata Di Indonesia Wajib Dikunjungi di saat liburan. Apa saja daftar tempat wisata itu? Simak pembahasan mengenai tempat wisata di Indonesia di bawah ini.

Daftar Tempat Wisata Di Indonesia

Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Pulau Komodo

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor.

Pulau komodo merupakan situs warisan dunia UNESCO dan merupakan salah satu tempat terbaik di Indonesia dalam hal traveler.

Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Selain itu, Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.

Pantai Kuta Bali

Pantai kuta memiliki banyak wisatawan tiap harinya dan pantai ini telah terkenal ke seluruh dunia. Para wisatawan atau turis cenderung memilih tempat ini sebagai tempat destinasi wisata keluarga, bulan madu yang paling berkesan. Hampir turis seluruh negara ingin berkunjung pantai tervenamnya matahari ini.

Candi Borobudur

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Candi Borobudur

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha[4]. Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Gunung Rinjani

Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani yang sangat prospektif adalah Danau Segara Anak, lokasi ini dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian yaitu jalur pendakian Senaru dan jalur pendakian Sembalun.

Danau Toba

Danau Toba adalah danau alami berukuran besar di Indonesia yang berada di kaldera Gunung Supervulkan. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mi), dan kedalaman 1600 meter (5200 ft). Danau ini terletak di tengah pulau Sumatra bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter (2953 ft). Danau ini membentang dari 2°53′N 98°31′E / 2.88°N 98.52°E sampai 2°21′N 99°06′E / 2.35°N 99.1°E. Ini adalah danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia.

Danau Toba

Danau Toba adalah lokasi letusan gunung berapi super masif berkekuatan VEI 8 sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu yang memicu perubahan iklim global. Metode penanggalan terkini menetapkan bahwa 74.000 tahun yang lalu lebih akurat. Letusan ini merupakan letusan eksplosif terbesar di Bumi dalam kurun 25 juta tahun terakhir. Menurut teori bencana Toba, letusan ini berdampak besar bagi populasi manusia di seluruh dunia; dampak letusan menewaskan sebagian besar manusia yang hidup waktu itu dan diyakini menyebabkan penyusutan populasi di Afrika timur tengah dan India sehingga memengaruhi genetika populasi manusia di seluruh dunia sampai sekarang.

NB:
Sebenarnya banyak sekali tempat yang menarik dan icon wisata terpopuler di Indonesia. Namun ulasan diatas hanya menurut addwin (pribadi) dan daftar nomor urut tidak menunjukan tempat apa yang unggul dan terbaik diantara list di atas (nomor urut bukan sarana perankingan).
Dan dengan mengetahui apa yang saya sampaikan disini, setidaknya bisa menjadi referensi untuk rencana destinasi anda. Bila anda memiliki pandangan mengenai Tempat Wisata di Indonesia yang menjadi favorit anda dan ingin berbagi informasi, bisa tinggalkan komentar agar admin mengupdate kumpulan tempat wisata diatas dan bila artikel ini mengedukasi, jangan sungkan di share. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda. (@win)

Referensi:
https://id.wikipedia.org

Posting Komentar

0 Komentar