Cara Mudah Meningkatkan Sinyal Android

Masih sering mengalami masalah dalam bermain game online? Addwin Info punya trik Cara Mudah Meningkatkan Kekuatan Sinyal pada Android entah yang sultan ataupun yang kentang. Tips ini cocok anda coba karena saya juga telah mencobanya karena jaringan diwilayah saya juga bermasalah dan cara ini terbilang ampuh 100% (*syarat dan ketentuan berlaku).

Kesel kan setiap main game online seperti PUBG, Mobile Legend, Coc atau bahkan lagi ingin browsing lainnya tapi jaringan tidak mendukung alias nge-lag. Kadang lag ini cukup parah dan sering kita jengkel dengan situasi seprti ini, eits santuy kawan, disini ada trik cara mudah memperkuat sinyal android smartphone kita, silahkan di coba.

Cara Mudah Meningkatkan Sinyal Android

Meningkatkan Sinyal Android

Sistem operasi Android merupakan sistem terbuka atau open source yang kaya akan fitur. Beberapa di antaranya mencakup fitur-fitur yang sudah umum. Seperti auto rotation, brightness sensor, fitur anti air atau fitur lain, seperti LTE dalam jaringan. Ponsel Android kini sudah banyak yang memakai teknologi LTE, teknologi jaringan tercepat setelah HSPA. Namun, banyak kendala seiring perubahan teknologi yang ada. Misalnya, mengalami gangguan terhadap jaringan, seperti hilang jaringan sinyal pada waktu berpindah tempat, hilang sinyal pada saat ponsel berada di ruang yang tertutup, hilang sinyal dengan sendirinya, atau hilang sinyal setelah ganti kartu provider. Maka itu, akan diberikan bahasan mengenai cara memperkuat sinyal ponsel Android ini.

Tapi sebelum Anda melakukan cara-cara yang rumit, cobalah untuk mengingat bagaimana jaringan sinyal Anda bisa hilang. Jika karena ponsel terjatuh, sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu ke tempat servis.Jika hilang sinyal karena selain ponsel terjatuh, seperti tiba-tiba menghilang begitu saja saat Anda sedang memakai layanan internet atau sesudah menelepon seseorang atau berada di luar daerah maka bisa Anda ikuti cara memperkuat sinyal ponsel di bawah ini.

Memastikan Jaringan Operator (Networks Operators)

Langkah-langkah awal yang harus Anda lakukan untuk melakukan cara memerkuat sinyal ponsel Android Anda dengan masuk ke menu Settings lalu pilih Wireless & Networks, kemudian Anda bisa pilih pilihan Mobile Networks lalu tap pilihan Networks Operators.

Di sini kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang kenapa sinyal pada perangkat ponsel Android kita bisa hilang dengan cara mencari jaringan operator karena bisa jadi sinyal hilang karena jaringan operator kita sedang tidak tersedia atau belum ada di daerah kita berada sekarang.

Sebagai contoh, kita memakai operator “X” misalkan, dan setelah kita cari di dalam Network Operators, yang keluar atau tampil justru operator “Y” dan “Z”. Apabila seperti itu adanya, solusinya adalah kita perlu keluar ruangan gedung atau keluar dari dalam rumah untuk mencari sinyal.

Apabila belum mendapatkan hasil, kita memakai cara memperkuat sinyal ponsel Android kita dengan cara pergi ke pusat kota. Maka sinyal pada ponsel Android Anda akan full atau kuat seperti semula.

Ubah pengaturan pilihan jaringan

Sebenarnya pengaturan jaringan pada Android tidak ada di menu Android secara langsung, namun Anda bisa membuat pengaturan jaringan dengan mengetik *#*#4636#*#* pada home screen Android Anda. Dalam menu ini terdapat beberapa pilihan berisi informasi telepon, informasi baterai, history baterai, statistic pemakaian, dan juga informasi WiFi. Masuk ke informasi telepon kemudian scroll sampai bawah. Nanti, di sana akan tertera “Atur Jenis Jaringan yang Dipilih”. Anda bisa memilih jenis jaringan di menu ini. Untuk menstabilkan sinyal 3G pada jaringan Android, pilih saja WCDMA Only. Jika sinyal 3G/WCDMA tidak tersedia di daerah Anda, silahkan pilih jaringan 2G/EDGE.

Refresh jaringan Android Anda

Anda bisa melakukan refresh sinyal Android dengan mematikan jaringan lalu menyalakannya kembali. Caranya tahan tombol power samapi muncul menu pilihan. Pilih jaringan mode pesawat/Airplane Mode. Setelah muncul logo pesawat di menu atas lalu masuk kembali ke mode normal dengan mematikan mode pesawat tersebut. Proses ini akan mematikan sinyal radio lalu menyalakannya lagi, dengan demikian perangkat Android Anda akan me-refresh dan mencari jaringan internet yang lebih baik dan meningkatkan sinyal 3G android Anda.

Gunakan aplikasi penguat sinyal

Untuk meningkatkan sinyal 3G android Anda bisa mencoba beberapa aplikasi Android penguat sinyal atau signal booster. Di Google App Store tersedia banyak pilihan aplikasi penguat sinyal Android, di antaranya:
Network Signal Speed Booster Cara Super TOP Ampuh Meningkatkan Sinyal Android

Aplikasi ini mendorong agar smartphone Anda mendapat sinyal jaringan seluler yang lebih baik untuk melancarkan aktivitas telepon dan pesan singkat. Selain itu, Network Signal Speed Booster juga mendorong kecepatan akses data agar koneksi internet semakin cepat.

1. Network Booster Free

Sama seperti Fresh Network Booster, aplikasi Network Booster Free akan memberikan sinyal seluler yang lebih baik. Kedua aplikasi di atas menghubungkan jaringan seluler terbaik ke menara BTS yang ada di sekitar Anda.

2. WiFi Booster Easy Connect grey

Bagi Anda yang sering menggunakan Wi-Fi di kantor atau tempat publik, WiFi Booster Easy Connect akan membantu memperkuat sinyal Wi-Fi yang berarti akan menambah kecepatan data untuk internet. Aplikasi ini tergolong ringan, sehingga tidak memakan banyak ruang memori smartphone.

3. Open Signal Maps grey

Setelah membahas aplikasi yang mampu mendorong smartphone Android mendapatkan jaringan seluler yang lebih kuat, kali ini akan dibahas mengenai aplikasi untuk melacak lokasi sinyal terbaik. Salah satunya adalah Open Signal Maps, yang bisa diunduh secara gratis di Google Play. Aplikasi ini akan memperlihatkan tanda panah, peta dan radar, mengenai letak menara BTS yang terdekat di sekitar Anda. Ya, aplikasi ini mampu melacak keberadaan menara BTS. Anda cukup berjalan mendekati menara BTS, sehingga tak perlu lagi mondar-mandir tanpa arah untuk mendapat sinyal yang kuat. Selain sinyal seluler dari operator, aplikasi ini juga dapat mendeteksi sinyal Wi-Fi dan memberi tahu lokasi terbaik untuk mendapat Wi-Fi.

4. Network Signal Info grey

Network Signal Info juga berguna untuk Anda yang ingin mendapat sinyal seluler dan Wi-Fi terbaik. Terkadang, petunjuk kekuatan sinyal sebanyak 5 bar yang ada pada smartphone Anda itu tidak sepenuhnya benar. Aplikasi ini memberikan petunjuk kekuatan sinyal bar yang lebih detail, yakni sebanyak 14 bar. Sehingga, Anda benar-benar tahu lokasi mana yang terbaik untuk mendapatkan sinyal seluler dan Wi-Fi.

5. WiFi Overview 360 grey 

Kali ini merupakan aplikasi yang khusus melacak lokasi terbaik untuk jaringan Wi-Fi. Anda dapat mengomptimalkan koneksi Wi-Fi dari informasi yang diberikan aplikasi ini, termasuk nama, kekuatan sinyal, nomor channel, dan enkripsi. Aplikasi ini memberikan gambar dari semua jaringan nirkabel dan jangkauan operasinya. Fungsi inilah yang membantu Anda menentukan Wi-Fi terbaik yang ada di sekitar.

Memastikan Mode Jaringan (Networks Mode)

Langkah-langkah awal yang harus dilakukan untuk memperkuat sinyal ponsel Android Anda adalah dengan masuk ke menu Settings lalu pilih Wireless & Networks, kemudian Anda bisa pilih Mobile Networks dan tap pilihan Networks Mode.

Bila sudah melakukan cara memerkuat sinyal ponsel dalam tahap memastikan mode jaringan di atas, cek atau lihat apakah mode jaringan pada ponsel Android kita tengah berada di dalam mode WCDMA Only, GSM Only, atau WCDMA Preferred.

Perlu Anda ketahui bahwa mode jaringan WCDMA merupakan jaringan HSDPA. Jadi apabila jaringan pada ponsel Android tengah berada di dalam mode WCDMA Only, ponsel Android hanya akan menerima jaringan WCDMA (HSDPA) dan jaringan GSM tidak akan ikut. Dalam artian kata, bila daerah sekitar kita tidak ada jaringan HSDPA maka sinyal bar pada ponsel Android kita akan terisi kosong sampai jaringan HSDPA tersedia. Sedangkan mode jaringan GSM Only sama saja seperti WCDMA Only. Perbedaannya, jaringan dalam mode GSM Only hanya menerima jaringan GSM saja.

Sebagai catatan penting bahwa cara memperkuat sinyal ponsel Android di atas, hanya bisa dilakukan pada ponsel Android bertipe Android OS Gingerbread. Untuk ponsel dengan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich (ICS) dan Jelly Bean secara defaultnya dalam jaringan mode WCDMA Preferred (diprioritaskan mode WCDMA). Dan jika hal ini terjadi di ponsel Android Ice Cream Sandwich (ICS) dan Jelly Bean Anda, Anda bisa langsung masuk ke menu dialer lalu ketik *#*#4636#*#* kemudian pilih Phone Information. (AddInfo)

Beberapa aplikasi penguat sinyal yang Addwin sebutkan diatas bisa didapatkan secara gratis di google play store untuk menunjang kemampuan penguat sinyal anda. Bila artikel ini bermanfaat dan berguna, silahkan di share ya. Terima kasih atas kunjungan anda di blog ini.