18 Cara Ampuh Melupakan Mantan 2020

Tips melupakan mantan alias cepat move on perlu kita lakukan agar tidak terjebak dalam situasi yang membuat kita gunda. Namun kadang teori tak sejalan dengan praktek, ada sebagian yang sulit untuk melupakan kisah asmaranya kepada mantan terindah. Tidak sedikit yang frustasi, putus asa dan larut dalam suasana hati yang kacau. Wajar bila itu terjadi apalagi telah mejalankan kisah asmara hingga bertahun tahun.

Hampir semua orang mengalami hal putus cinta namun sedikit yang mampu move on dengat cepat. Hal itu dikarenakan kasih dan sayang terhadap sang mantan kekasih yang begitu berlebihan hingga kita tidak mampu menerima kenyataan. Bukan kah hidup hanya sekali? Bukan kah yang kita hadapi ini hanyalah cobaan? Lalu kenapa bagitu saja kita menyerah? Kalian boleh saja berjuang mendapatkannya namun jangan melebihi batas andai saja dia sudah memiliki pasangan hidup.

Hal terbaik adalah ikhlas dan menerima apa yang telah terjadi, bukan karena kalah, karena mungkin ini jalan yang terbaik dan telah menjadi takdir hidup kita, terima saja. Namun tidak mudah, daya pun pernah mengalami masa-masa sulit ini bahkan hingga bertahun-tahun namun ada cara ampuh untuk melupakan mantan yang saya gunakan sebagai acuhan agar tidak larut dalam kesedihan ini.

Ada baiknya kita mencoba, sekalipun sulit, usaha tak pernah menipu hasilnya. Berikut 18 Cara Ampuh Melupakan Mantan 2020 yang telah saya berikan sebagai tips anda untuk melupakan sang kekasih (mantan).

Cara Ampuh Melupakan Mantan 2020

1. Nangis? Ya, Nangis Aja!

Lho, kok malah dibolehin nangis? Ya, gapapa dong, nangis itu salah satu cara diri kita buat ngeluapin emosi berlebih. Keluarin aja air matanya, nangis sepuas kamu, tapi ingat, jangan nangis secara terus-terusan ya, karena menangisi keadaan itu ya secukupnya aja. Setelah kamu nangis, kamu bisa ngerasain lega yang luar biasa, gapapa kok beberapa saat kamu terlihat lemah, untuk nantinya kamu kuat dan bisa lanjutin hari-hari kamu tanpa G-A-L-A-U lagi.

2. Banyakin Ibadah

Eits, tentunya ibadah yang diperbanyak bukan hanya pas kamu lagi putus cinta aja ya, tapi kalau bisa ya setiap saat. Terlebih saat kamu lagi sedih, Tuhan aja bilang jangan bersedih, karena selalu ada Dia di manapun kamu berada. Seberapa pun kamu ngerasa sendirian, sebenarnya Tuhan tidak pernah ninggalin kamu sendirian.

Percaya deh, curhat sama Tuhan adalah satu-satunya cara yang paling ampuh, karena Tuhan tidak pernah nge-gudge kamu, Tuhan akan peluk kamu. Semakin rajin kamu tulus ibadah, untuk kamu, keluarga kamu, dank arena cinta kamu ke Tuhan, akan semakin banyak kebahagiaan dan rezeki dalam berbagai bentuk yang Tuhan kasih untuk hidup kamu. Jadi? La Tahzan.

3. Memutuskan Hubungan dengan Mantan

Cara melupakan mantan tersayang salah satunya dengan memutuskan hubungan apa pun dengan mantan. Berlebihan tidak sih? Tentu aja engtidak kok, kamu bisa lakuin hal ini sementara waktu, sampai kamu benar-benar bisa nerima kenyataan kalau kamu sama dia emang udah engtidak kayak dulu lagi. Jadi, stop berhubungan sama mantan, karena kalau kamu tetap berhubungan sama mantan kamu, yang ada kamu akan semakin sering berharap bisa balikan sama dia.

Percaya deh, ini tidak akan berlangsung lama, karena nanti pas kamu udah seratus persen move on, kamu mau berhubungan lagi, mau temanan lagi atau bahkan sahabatan sama mantan kamu? Ya, monggo. Yang penting kamu sembuhin dulu luka di hati kamu.

4. Buang atau Hibahkan Pemberian Mantan

Kayak yang tadi udah dibahas. Kamu bisa buang barang pemberian mantan, kamu bisa hapus chat-chat manis yang dulu selalu dia kirim buat kamu, kamu bisa lenyapin semua kenangan itu, ke manapun kamu mau.

Contohnya, kalau dulu mantan kamu pernah kasih boneka, kamu bisa kok hibahin boneka itu ke adik atau ponakan kamu, kamu bisa bikin orang lain bahagia di dalam proses move on kamu, kan jadi dapat pahala tuh? Dari pada uring-uringan tidak jelas hanya karena benda peninggalan mantan masih kamu genggam erat di kamar. Hehehehe.

5. Mencari Kesibukan atau Kegiatan

Cari kesibukan atau kegiatan lain, kamu bisa nyalurin hobi kamu, kamu bisa lakuin hal yang selama kamu masih pacaran susah buat kamu lakuin karena ternyata kamu terlalu fokus sama seseorang yang sekarang akhirnya jadi mantan kamu? Hahahaha.

Gapapa kok, badai udah lewat, jadi sekarang waktunya kamu happy-happy lagi, sampai nanti kamu ketemu orang baru yang siap untuk kamu ajak berbagi kebahagiaan.

6. Main Bareng Sahabat

Percaya deh, sahabat tuh tempat untuk segala pulang. Sepatah apa pun hati kamu, seburuk apa pun kondisi kamu, sejelek apa pun muka bengep kamu karena kebanyakan nangis, sahabat kamu akan senantiasa menerima kepulangan kamu.

Jadi tidak usah malu untuk datang ke mereka, ketuk pintu rumahnya, karena mereka akan buka telinganya lebar-lebar untuk dengar cerita kamu. Mereka akan peluk kamu, kasih masukkan yang bisa nguatin kamu, dan terakhir ngetawain kamu karena kamu galaunya lucu plus berlebihan. Hahahaha.

Gapapa, sahabat yang kayak gitu justru bakal ngebantu banget dalam proses move on, jadi kalian tidak boleh sendirian, karena ada mereka yang selalu siap ada disamping kalian.

7. Jangan Mendengarkan Lagu Sedih

Duh, udah lagi patah hati, kangen mantan, eh malah dengerin lagu sedih? Kamu mau nangis seumur hidup? Engtidak dong?

Jadi, jangan dengerin lagu-lagu sedih, karena itu hanya akan bikin kamu makin sedih, mellow, dan galau. Biasakan telinga kamu untuk dengerin lagu-lagu happy dan jatuh cinta, karena aura bahagia itu yang nantinya akan mempermudah langkah kamu untuk kembali membuka hati. tidak perlu buru-buru sih buat cari yang baru, tapi tidak ada salahnya kan kalau kamu bisa segera mentidakhiri masa kelabu ini?

8. Cari Lagu yang Bisa Bikin Kamu Stop Sayang ke Mantan

Kamu juga boleh dengerin lagu yang liriknya menceritakan suatu hubungan yang kamus, dan tidak bisa balik lagi. Jadi, dengan dengerin lagu kayak gitu, bikin kamu otomatis mikir kalo kamu sama mantan kamu ya tidak akan balik lagi, karena yang sudah ya biarlah sudah, tidak usah kelamaan disimpan dan terus-terusan diingat. Masih banyak hal yang jauh lebih butuh buat kamu pikirin, so? Yuk, semangat move on!

9. Ikhlas, Rela, dan Sadar

Kamu harus belajar ikhlas, ikhlas kalau sebenarnya kamu sama mantan kamu ya emang tidak jodoh.  Ini adalah bagin tersulit dari cara melupakan mantan karena kmu juga harus rela, rela kalau misalnya emang bukan kamu lagi penyebab kebahagiaan mantan kamu, kamu juga mesti sadar, kalau sesering apa pun kamu mikirin mantan kamu, tapi Tuhan bilang kalian tidak jodoh?

Ya tidak akan bisa bikin kalian sampai pelaminan. Jadi? Mending kalian banyak pakai waktu kalian untuk hobi dan hal bermanfaat lainnya. Mungkin selama kalian pacaran kamu jadi jarang hangout sama orangtua? Nah, sekarang waktunya deh kamu ajak mereka jalan, bahagiain mereka se-exited waktu kamu mau bahagiain pasangan kamu. Karena sebenarnya orangtua kamu adalah sosok nomor satu yang harus kamu bahagiain.

10. Tidak Perlu Buru – Buru Cari Pacar Baru

Kamu perlu ingat satu hal, banyak orang yang move on dengan cara cari pengganti secepat kilat, tanpa mereka sadar, mereka hanya jadiin orang tersebut sebagai pelarian. Kamu tidak mau kan kalau nanti ada yang jadiin kamu sebatas pelarian?

Jadi, kalau kamu belum seratus persen move on, kamu tidak boleh lho manfaatin kasih sayang orang lain, karena kalau orang itu tulus sayang sama kamu, tapi kamunya hanya kasih sebagian perasaan kamu? Kasian dia, orang itu tidak berhak ngerasain sakit hanya karena niat baiknya yang mau bahagiain kamu.

11. Berhenti Berharap

Kamu boleh berharap masuk perguruan tinggi favorit, kamu juga boleh ngarepin apa pun yang baik-baik, tapi kalau untuk berharap balikan sama mantan? Ya lebih baik di stop aja deh, karena tidak ada manfaatnya buat kamu. Karena sama aja kayak kamu ngelukis di atas air, tidak akan pernah ada gambar yang bisa kamu hasilkan dari sana. Jadi, mulai lembar baru dengan juga memulai untuk menutup lembar masa lalu. Berhenti berharap itu kadang perlu, guys.

12. Sadari Jika Sendiri Jauh Lebih Bahagia

Emang sih, terdengar klise kalau kita bilang sendiri itu jauh lebih bahagia, tapi nyatanya ada benarnya juga kok. Karena kalau ternyata mantan kamu emang bukan yang terbaik buat kamu, kamu harusnya bersyukur karena kamu udah putus dari dia, kalau engtidak emangnya kamu mau suatu saat menikah dengan orang yang salah dan berakhir dengan perceraian?

Engtidak kan? Makanya, kamu harus bahagia karena udah lepas dari orang yang salah. Sekalipun mantan kamu orang yang baik bangeeeet, bukan berarti kamu harus nyesel, karena bisa jadi Tuhan mempertemukan kalian hanya untuk mengenal, bukan untuk saling menggenggam hingga sampai di surganya yang indah.

13. Tidak Perlu Ingat – Ingat Lagi Kenangan Indah Sama Mantan

Mengingat memori indah ketika bersama mantan pacar cuma akan senantiasa melukai hati kamu. Hal semacam ini pastinya akan bikin kamu lebih sulit melupakannya serta mempertinggi peluang untuk balikan lagi sama si mantan. Oleh karenanya, coba untuk singkirkan seluruh memori indah bersama sang mantan pacar, setidaknya pas awal-awal kamu putus dan masih galau banget.

14. Cari Support dari Keluarga

Saat baru putus, coba untuk mencari support dari keluarga kamu. Jangan pernah segan untuk bercerita hal semacam ini pada kakak atau adik kamu, atau bahkan juga sama orang-tua kamu.

Karena kedua orang-tua kamu pasti jauh lebih hebat dalam hal ini, mereka kan pasti pernah muda, dan tau caranya lepas dari sakit hati, sampai akhirnya orangtua kamu sepakat menikah dan jatuh cinta hingga akhir masa, bersama.

Mereka pasti dapat memberi beberapa masukkan yang menentramkan sekaligus menghibur. Kamu juga bisa mulai menyadari, orangtua kamu yang pernah patah hati aja buktinya sekarang bisa happy.

15. Hindari Kontak dengan Mantan

Kalau baru putus, rasanya tidak mungkin sih semudah itu stop berhubungan sama mantan, karena kalau bukan kamu yang mau menghubungi mantan kamu, pastinya mantan kamu pun masih akan usaha buat ngehubungin kamu, karena bukan tidak mungkin kalau kamu sama dia masih punya harapan yang sama buat balikan lagi, tapi bukan berarti kamu tidak bisa membatasi atau menghindari kontak dengan mantan. Jadi, kalau tidak perlu-perlu amat, ya batasi diri kamu untuk tidak terus tergantung sama mantan.

16. Percaya Pada Diri Kamu Sendiri

Kamu harus yakin, meskipun hari-hari kamu sekarang sudah tanpa dia, kamu pasti bisa jalanin hari-hari kamu seperti biasa,

layaknya hari-hari yang kamu lewati sebelum kamu bertemu dengan mantan kamu dulu.

Jadi, kalau sebelum bersama dia pun hari-hari kamu cerah, setelah kini sudah tak lagi bersama dia seharusnya hari-harimu juga berjalan lancar.

Mungkin tidak mudah merelakan kepergian seseorang yang pernah atau bahkan masih kita sayangi,

tapi bukan berarti kamu boleh menyiksa diri dengan galau terus. Beri kepercayaan penuh untuk diri kamu sendiri, kalau kamu mampu dan bisa tanpa dia.

17. Traveling

Yipiii, siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Ntidaku deh, kalian semua pasti happy kalau misalnya udah capek-capek kerja, atau sekolah, sumpek sama tugas kuliah,

Apalagi buat kamu yang hatinya baru saja patah, liburan alias jalan-jalan adalah cara paling ampuh, lho. Sssssssssttt.. tapi jangan jalan-jalan ke tempat-tempat yang dulu sering kamu dan mantan kamu datangi, ya.

Karena nanti bukannya kamu move on, yang ada malah kepikiran dia terus. Kamu harus bisa pilih tempat baru, mungkin ada beberapa lokasi yang selama ini mau kamu datangi, tapi belum sempat? Jalan-jalan aja ke sana, kamu bisa ketemu banyak orang baru,

dengan berbagai sifat yang sebelumnya belum pernah kamu temui, lewat traveling juga kamu bisa makin banyak belajar tentang kehidupan.

Dijamin setelah pulang dari traveling singkatmu pasca patah hati itu,

kamu akan jauh lebih bisa bersyukur atas segala nikmat yang Tuhan kasih di hidup kamu. Apalagi pas pulang dari traveling, kamu langsung dipeluk ayah ibu di rumah, duh surga deh rasanya.

18. Stop Stalking

Hayo ntidaku, siapa yang jempolnya masih suka genit ngepoin social media mantan? Pasti kamu pernah deh ngelakuin itu. Hahahaha. Mulai sekarang, coba deh buat kendaliin pikiran kamu, untuk tidak stalking atau ngeliatin social media mantan kamu terus.

Kamu bisa buka konten berita, atau konten bayi-bayi lucu, atau apa pun yang bisa menghibur kamu. Atau bahkan kamu bisa pakai waktu kamu lebih banyak untuk curhat sama Tuhan,

karena dekat sama Sang Maha Pencipta dijamin bisa bikin hati kamu jauh lebih tenang, lho. Jadi, janji ya?

Kalau mau move on, mulai sekarang jempolnya dijaga, biar tidak kepeleset, terus ngelove foto mantan di instagram secara tidak sengaja. Ups!

19. Buka Hati: Buka Lembar Baru

Nah, kalau poin-poin di atas udah bisa kamu lakuin secara penuh dan utuh, berarti kamu udah sampai di waktu yang tepat untuk? Buka lembaran baru.

Yap, karena orang yang hobi baca buku pun tidak akan pernah sampai di akhir halaman buku itu, kalau dia tidak pernah buka lembaran baru dari buku yang dia baca.

Dan, kamu juga tidak akan pernah sampai di hari bahagia kamu, kalau kamu masih di situ-situ aja, kalau kamu masih nikmatin masa-masa lalu kamu. Yuk, coba dibuka lembar barunya, dibuka hatinya.

Pelan-pelan aja, tidak usah ngebut. Alon-alon asal kelakon, gremet-gremet asal selamet. tidak perlu takut kamu akan ketemu sama orang yang beda

tapi sifatnya sama, karena selama kamu memperbaiki diri, akan ada satu kepastian, yaitu kiriman jodoh terbaik dari Tuhan. Jangan lupa senyum ya, kasian mukanya kalau terus-terusan diajak manyun.

Cobalah untuk melakukan point-point diatas untuk memulai melupakan sang mantan dan menjalankan hidup baru tanpa bayang-bayang masa lalu. Addwin rasa cara melupakan mantan tersebut cukup jelas dan bila artikel ini bermanfaat, silahkan di share keteman anda agar orang-orang disekitar anda mengetahui juga apa yang anda tau. Terima kasih atas kunjungan anda di blog ini.

Posting Komentar

0 Komentar