Cara Membuat Masker Kain Sendiri

Dikarenakan sekarang ini lagi tersebar virus corona maka saya akan berikan info bagaimana Cara Membuat Masker Kain yang bisa anda buat sendiri dirumah. Manfaat dari masker ini adalah menangkal tertularnya virus corona dari nafas atau air liur penderita covid-19 ini.

Apa saja bahan yang harus digunakan ?

Kita akan menggunakan 3 lapis kain

  • Kain anti air
  • Kain microfiber
  • Kain biasa

Tutorial Contoh Cara Pembuatan Masker Kain

1. Sediakan Kain

contoh masker kain

Setelah kita memiliki ketiga kain tersebut yakni Kain anti air, Kain microfiber, Kain biasa maka langsung ke tahap ke 2.

2. Ukur Sesuai Masker Medis atau Kebutuhan

Jika pergi ke penjahit, Anda bisa memberikan masker medis sebagai contoh. Penjahit pasti mengerti seperti apa cara mengukurnya. Jika membuatnya tanpa bantuan penjahit, ukuran masker harus sekitar 17,5 x 17 cm, tapi bila anda telah paham maka anda bisa memotongnya sendiri.

3. Lubang di Tengah Masker untuk Kain Microfiber

contoh masker kain

Tujuan membuat lubang di tengah masker untuk memasukan kain microfiber dan agar bisa diganti secara berkala. Bagian tengah ini yang akan menjadi filter seperti yang terdapat pada masker medis.

Meskipun terliat murah, Dr Chen menjelaskan masker kain seperti ini bukan hal yang aneh untuk para dokter senior di dunia kesehatan. Dan di tengah menipisnya stok di pasar, masker kain seperti ini adalah pilihan paling solutif. 

Di sisi lain, pihak Kemenkes sendiri tidak merekomendasikan untuk pemakaian masker untuk orang yang masih sehat dan tidak di area beresiko tinggi. Masker hanya wajib digunakan untuk para pekerja medis yang bekerja menangangi virus corona dan juga pasien yang sudah positif demi mencegah penyebarannya.