Cara Mudah Cepat Tidur Untuk Penderita Insomnia

Sebagian dari kita pernah mengalami masalah susah tidur di malam hari, dan itu biasa terjadi ketika kita mengalami pikiran yang kacau akibat beberapa hal seperti pekerjaan, sakit hati, dan depresi. Biasanya terjadi beberapa kali seminggu dan kita cenderung menyepelekan hal yang dianggap sepele ini.

Dari sebuah kasus, hal ini akan terus berlanjut hingga menjadi kita terbiasa susah tidur. Dampak dari keterbiasaan ini akan menimbulkan kesulitan dan menjadikan kita terbiasa. Hingga kita masuk dalam fase bagaimana kebiasaan ini berubah menjadi sebuah penyakit yang kita sebut insomnia. Addwin juga merupakan salah satu yang merasakan dampak insomnia. Berawal dari begadang, terbiasa dan mulai susah mengikuti pola tidur sehat.

Bagi orang yang telah memiliki insomnia atau divonis sebagai penderita insomnia yang sudah parah, akan sulit mengatur pola tidur dimalam hari. Namun tidak ada yang tidak mungkin, bila anda ingin mencoba tips untuk menyembuhkan dan menghilangkan kebiasaan susah tidur malam, maka tentu akan bisa dilakukan dalam tips mengatasi susah tidur bagi penderita insomnia akut yang akan Addwin bahas diulasan artikel ini.

Cara Mudah Cepat Tidur Untuk Penderita Insomnia
ilustrasi insomnia

1. Tentukan Jam Tidur Teratur

Cara yang pertama inu, bisa anda memulai dengan mengatur jam tidur dan bangun tidur di waktu yang tepat setiap hari. Tujuannya agar tubuh terbiasa dengan jadwal tersebut dan membuat anda terbisa dengan jam tidur yang telah ditentukan.

2. Melakukan Meditasi atau Latihan Pernapasan

Untuk melakukan Meditasi merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh rileks sembari mengistirahatkan otak setelah menjalani hari-hari panjang. Cara ini termasuk cara yang ampuh untuk menenangkan pikiran agar rilex dan dapat menambah asupan darah ke otak.

Anda bisa memulai meditasi dengan mencoba latihan pernapasan. Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, kemudian, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang nafas secara perlahan dari mulut selama delapan hitungan. Ulangi ini sebanyak empat kali  atau semampunya.

3. Coba Mandi Air Hangat

Untuk mengatasi susah tidur tanpa perlu mengkonsumsi obat paling efektif yaitu dengan mandi air hangat sebelum tidur.

Dengan ini tubuh anda akan lebih santai dan mata akan merasa cepat mengantuk.

4. Buat dan Minum Susu Hangat

Minum susu hangat sebelum tidur dapat mengatasi insomnia anda. Sebaiknya, setelah selesai mandi air hangat, siapkan segelas susu hangat. Rasa hangat yang masuk ke perut akan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Tidur pun akan menjadi lebih nyenyak.

5. Matikan Lampu

Pastikan, lampu di kamar dalam keadaan mati saat tidur. Karena cahaya yang memancar bisa menurunkan produksi melatonin (hormon ngantuk).

Dengan mematikan lampu adalah cara jitu mengatasi insomnia karena dalam kondisi ruanganan gelap, tubuh bisa meningkatkan produksi hormon melatonin, yang menyebabkan ngantuk.

6. Matikan Peralatan Elektronik

Selanjutnya, coba matikan semua alat-alat elektronik ketika akan beranjak tidur. Seperti, ponsel, tablet, televisi, dan lainnya, sekitar 1,5 jam sebelum tidur. Dengan demikian, anda tidak akan teganggu dengan suasana yng akan membuat and acepat ngantuk

7. Membaca Buku/Mendengarkan Musik

Jika anda tidak dapat tidur setelah 20-30 menit, bangkitlah dari tempat tidur dan beralih ke tempat lain. Lalu, lakukan aktivitas santai, menurut Hrayr Attarian, Direktur Medis Sleep Gorders Center di Amerika Serikat.

Salah satu aktivitas lain yang dimaksud adalah membaca buku atau mendengarkan musik sambil berbaring di kasur. Lambat laun, mata pun akan merasa lelah dan mengantuk.

8. Konsumsi Ceri dan Pisang

Salah satu cara dan tips mengatasi susah tidur atau insomnia secara alami adalah dengan mengonsumsi buah seperti pisang dan ceri.

Ceri dan pisang adalah makanan untuk susah tidur, yang dapat membantu mengurangi insomnia. Ceri bisa diolah menjadi jus. Konsumsi ceri dapat meningkatkan kualitas tidur. Ini karena ada komposisi melatonin di dalam buah ceri.

Pisang juga bisa membantumu lebih cepat mengantuk. Kandungan potasium dan magnesium dalam pisang akan mengendurkan otot-otot yang tegang.

Jadi, supaya tidurmu nyenyak, cobalah konsumsi 1-2 buah pisang sebelum tidur ya.

9. Berolah Raga Ringan

Cara terakhir adalah berolah raga ringan seperti situp, pusup atau gerakan pemanasan lainnya. Ini bertujuan agar tubuh mengalami ransangan dan membuang karbohidrat secara teratur. Bila anda sudah merasa sedikit lelah, berhwntilah dan coba baringan tubuh anda dan sugestikan diri anda untuk segera tidur.

Tips diatas sudah addwin coba mempraktekan dan terbukti ampuh dalam upaya agar terhindar dari kebiasaan susah tidur di malam hari. Cara ini bisa anda terapkan setiap hari sebelum tidur dan anda akan terbiasa dengan kegiatan ini dan dapat menyembuhkan insomnia akut anda secara bertahap. Cara ini merupakan salah satu tahap penyembuhan secara alami yang sangat addwin rekomendasikan untuk anda. Selain aman tentu tanpa efek samping. (@win)